NORTH SUMATRA CULTURAL STUDY TRIP FROM FASHION DESIGN

24 Februari 2016 | Oleh LaSalle College Indonesia

Memulai diawal tahun 2016, Fashion Design Department LaSalle College Jakarta telah mengadakan sebuah study trip ke Sumatra Utara untuk students level 4 dan 5, the North Sumatra Cultural Study Trip.

Tujuan dari perjalanan ini, seperti di studi tur kami sebelumnya adalah untuk melakukan penelitian yang luas pada budaya tradisional tempat kam berkunjung, yang kemudian akan ditafsirkan dalam proyek-proyek industri siswa. Penekanan dari perjalanan ini adalah untuk mempelajari budaya kuno suku Batak, asal-usulnya yang dikatakan lebih dari 2000 tahun yang lalu, khususnya suku Batak Toba dan Batak Karo. Sebagai salah satu kebudayaan yang paling kuno di Indonesia, budaya mereka sangat kaya dan kompleks.

Dalam full 5 hari perjalanan, fashion design students dan teachers telah berhasil untuk mengunjungi salah satu pulau yaitu (Pulau Samosir), tiga kota (Parapat, Balige, Berastagi) dan satu kota (Medan). Kegiatan biasanya kami mulai dari pagi dan berakhir pada malam harinya. Hal itu melelahkan, namun kami telah mendapatkan begitu banyak pengetahuan dan pengalaman. Melihat dan mengalami langsung tentu berbeda dari melakukan penelitian semata-mata dari buku atau internet. Semua tempat yang kami kunjungi akan membantu siswa untuk mendapatkan inspirasi untuk proyek industri mereka berikutnya. Kami mengunjungi desa tradisional, museum, pasar tradisional, tempat ibadah, dan juga mengalami kinerja ritual tari.

Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar di dunia, terbentuk setelah letusan gunung berapi super besar sekitar tahun 75.000 tahun yang lalu. Di tengah danau terdapat sebuah pulau besar, Samosir. Pada ukuran sedikit lebih kecil dari Singapura, Pulau Samosir adalah asal dari suku Batak Toba. Meskipun terkenal lanskap yang indah, pulau ini juga kaya akan budaya dan tradisi. Kami pergi ke beberapa desa dalam Pulau Samosir: Tuktuk, Simanindo, Ambarita dan Tomok. Selain menggunakan bus, kami mengambil perahu untuk memindahkan kami dari titik satu ke titik lainnnya dalam pulau tersebut.

Di Simanindo, kami memiliki kesempatan untuk mengunjungi Museum Huta Bolon Simanindo Batak dan menghadiri pertunjukan tari tradisional. Pada akhir pertunjukan, beberapa siswa kami bahkan berpartisipasi dalam ritual tari. Dalam Siallagan, kami mengunjungi desa bersejarah Huta Siallagan, di mana pada zaman dahulu mereka memiliki ritual prosesi eksekusi mati. Ritual ini diadakan lama untuk kalimat narapidana dengan hukuman berat. Setelah eksekusi, penduduk desa akan mengkonsumsi daging dan minum darah narapidana, sehingga mereka berlatih kanibalisme pada hari-hari sebelumnya. Akhirnya, setelah Kristen datang ke wilayah tersebut, kebiasaan ini tidak lagi dilakukan. Kami juga mengunjungi makam raja-raja Batak di Tomok, di mana mereka dikuburkan di sarkofagus, terbuat dari batu berukir.

Keesokan harinya, fashion design student dan teachers mengunjungi kota Balige. Banyak mengejutkan kami, para pejabat pemerintah dari wilayah Balige menyambut kami dengan hangat. Mereka sangat senang bahwa kami memiliki kesempatan untuk mengunjungi daerah mereka. Kami merasa terhormat untuk menerima kami secara ramah dan perhatian. Mereka membawa kami ke desa Daging (baca: mungkin - at) di mana penduduk desa masih membuat ulos dengan tangan, menggunakan non-mesin alat tenun tradisional. Ulos adalah tradisional asli kain tenun budaya Batak. Kami belajar berbagai jenis ulos dan bagaimana memproduksinya, meskipun kami tidak mendapatkan kesempatan diri kita untuk mencoba untuk membuatnya, karena membutuhkan hari bahkan berminggu-minggu untuk penenun terampil untuk menyelesaikan sepotong ulos. Setelah itu kami pergi ke TB Silalahi Center, di mana Museum Batak berada. Koleksi Batak suku artefak disimpan di museum modern ini. Ini benar-benar menjelaskan suku yang berbeda Batak yang ada di Sumatera Utara dan perbedaan antara masing-masing suku kostum, ritual, ulos, dan sebagainya.

Wilayah Berastagi adalah rumah dari suku Batak Karo. Dikenal untuk produk pertanian sebagai tanah memiliki tanah yang sangat subur, kami tentu tidak akan melewatkan kesempatan mengunjungi Buah Berastagi terkenal dan Sayuran Pasar untuk menemukan inspirasi untuk proyek-proyek kami berikutnya. Di Berastagi ada juga gereja, Gereja Katolik Inkulturatif Karo St. Fransiskus Asisi (Gereja Katolik St. Fransiskus Asisi Karo terinkulturasi), yang bangunan megah dirancang sesuai dengan arsitektur Karo Batak. Seluruh gereja yang dihiasi dengan motif Batak Karo. Diresmikan pada tahun 2005, gereja ini terdaftar sebagai salah satu gereja paling indah di Indonesia. Kami menghabiskan waktu di sana mengagumi bangunan dan ornamen. Beberapa bahkan berdoa di sana sesuai dengan keyakinan mereka. Kami disambut hangat oleh Kepala Pastor Ignasius Simbolon, OFM, yang menjelaskan secara singkat sejarah gereja. Setelah dia memberkati kita, kami melanjutkan perjalanan.

Dari jantung kota Berastagi, kami melanjutkan perjalanan ke pinggiran ke Taman Alam Lumbini (Lumbini Natural Garden), di mana sebuah pagoda megah terletak, dibangun sebagai replika pagoda Shwedagon Paya di Yangon, Myanmar. Pembangunan candi ini dimulai pada 2007 dan berhasil diselesaikan pada tahun 2010. Dari semua pagoda gaya serupa di luar Myanmar, Pagoda Lumbini adalah yang tertinggi kedua di dunia, dengan 46,8 meter, 68 meter dan 68 meter di lebar. Pagoda khusus ini dianggap sangat sakral sebagai merumahkan beberapa artefak Buddha. Struktur pagoda Seluruh dicat emas, oleh karena itu sangat mencolok dari kejauhan.

Setelah satu hari di Berastagi, kami berangkat ke Medan, perjalanan sekitar 2 jam, di mana kita berakhir hari kita mengunjungi Masjid Al Mashun, salah satu situs paling terkenal di kota Medan. Masjid yang memiliki gaya campuran arsitektur Moor, Mughal dan Spanyol, dibangun pada tahun 1906. Butuh waktu tiga tahun untuk akhirnya menyelesaikan pembangunan masjid. Sangat dimengerti, mengingat mereka langsung mengimpor sebagian besar bahan bangunan dari Italia, Jerman, Cina dan Perancis. Hasilnya adalah sebuah bangunan yang sangat indah dihiasi. Untuk memasuki kompleks, seperti tempat-tempat ibadah lainnya, salah satu kebutuhan untuk mengenakan pakaian yang tepat. Wanita perlu untuk menutupi rambut mereka. Sayangnya, waktu kami untuk mengunjungi cukup singkat seperti itu hampir waktu untuk panggilan shalat malam mereka.

Hari berikutnya, yang merupakan hari terakhir kami, kami memulai pagi hari dengan mengunjungi Istana Maimun, sebelumnya kediaman Sultan Deli. Ini dirancang dengan indah, istana penuh dihiasi dengan lukisan mural di seluruh langit-langit dan dinding. Pengunjung hanya diperbolehkan untuk memasuki bagian depan istana. Sebagian besar bagian lain dari bangunan dibatasi kepada publik, sebagai keluarga dan keturunan mantan Sultan Deli masih tinggal di istana. Di dalam istana, pengunjung juga bisa berdandan seperti pangeran Melayu atau putri dan berfoto di mana saja di sekitar istana.

Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan kami ke Tjong A Fie Mansion, sebuah bekas rumah perumahan Tjong A Fie, yang terkaya dan paling pedagang di Medan terkenal pada akhir 1800 hingga awal 1900. Tjong A Fie lahir di Guangdong, Cina, pada tahun 1860, tetapi pindah ke Medan sekitar tahun 1880. ia berhasil membangun kerajaan bisnisnya sampai pada satu titik ia dipekerjakan 10.000 pekerja buruh di perkebunan-nya, bank dan pabrik-pabrik. Begitu sukses, pada tahun 1911 ia diangkat sebagai Walikota Cina di Medan oleh Pemerintah Belanda. Pada tahun 1895 Tjong A Fie mulai membangun rumah dan akhirnya selesai pada tahun 1900. Ini dirancang menggunakan campuran gaya Victoria dan Cina. Dibangun pada 6000 meter persegi tanah, rumah ini memiliki total 40 kamar. langit-langit yang dihiasi dengan lukisan tangan dilukis oleh seniman Cina yang dibawa langsung dari China, menggunakan cat yang terbuat dari bahan organik, yang membuat mereka terakhir selama beberapa dekade. Beberapa bagian dari rumah tersebut tertutup untuk umum, sebagai salah satu cucu Tjong A Fie masih tinggal di sana bersama keluarganya.

Dikatakan bahwa Tjong A Fie adalah seorang yang sangat dermawan. Sepanjang hidupnya, ia telah membantu untuk membangun banyak bangunan bersejarah yang paling Medan ini seperti Masjid Agung Al Mashun, Istana Maimun, kuil Kwan Te Kong, gereja , rumah sakit, sekolah , bank, dan banyak lainnya. Dia juga menyumbangkan sebagian kekayaannya untuk membantu orang yang membutuhkan, tanpa memandang ras, agama atau etnis. Tentunya, dia adalah yang paling dihormati dan dicintai angka oleh warga Medan. Kunjungan ke Tjong A Fie Mansion menyimpulkan perjalanan studi budaya kami ke Sumatera Utara. Kita (fashion design department) semua merasa bahwa ini adalah perjalanan yang sangat bermanfaat, yang benar-benar membuka pandangan kita dan pengetahuan budaya Sumatera Utara. Sampai perjalanan studi berikutnya. (Shinta Djiwatampu).