Diploma Fashion Business

Program ini didesain untuk mempersiapkan anda dalam menggapai karir cemerlang di industri fesyen. Program ini juga menginspirasikan kreatifitas di bisnis fesyen yang melibatkan pengetahuan tentang industri secara menyeluruh serta kreasi dan desain berbagai produk fesyen.

Program ini menyatukan analisis, strategi dan dimensi yang kreatif sebagai individu yang mengembangkan kemampuan praktek dan teori di dalam negeri dan di kancah internasional dalam memasarkan produk pakaian dan asesoris fesyen. Anda akan mempelajari metode dalam memprediksi tren, pemasaran, dan keahlian manajemen. Di semester akhir, anda juga mendapatkan kesempatan dalam membuat label fesyen dan memasarkannya di department store terkemuka.

Program Diploma Fashion Business  ini dapat diselesaikan dalam waktu 2 tahun untuk masa studi penuh atau 3 tahun  untuk masa studi paruh waktu.

Daftar Mata Kuliah

Jabaran Tugas Kerja
Pengantar Perencanaan
Fenomena Fashion
Studi dan  Analisa  Serat dan Tekstil
Pemasaran I
Pengantar Data Manajerial
Teknik Negosiasi
Fashion dan Masyarakat
Evaluasi Tekstil untuk Produk Fashion
Pemasaran II
Dasar – Dasar Akuntansi
Perencanaan dan Pembelian Produk Fashion
Prospektus Konsumen dan Pemasok
Analisa Faktor Penentu Pasar Fashion
Komunikasi
Presentasi Fashion
Integrasi Kerja I
Seleksi Koleksi Pakaian dan Asesoris
Pengembangan  Koleksi Eksklusif
Manajemen  Produk Fashion
Pendataan dan Analisanya
Perencanaan Anggaran
Undang-Undang, Peraturan dan Kodifikasi
Lingkungan dan Konsumerisme
Manajemen Program Eksklusif
Presentasi Visual
Periklanan
Proyek Usaha Fashion
Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen Penjualan
Impor – Ekspor
Tata Letak dan Perencanaan Ruang
Manajemen Keuangan
Integrasi Kerja II

Peluang Karir

Setelah menyelesaikan program ini, lulusannya akan dapat bekerja sebagai   :

Fashion Merchandiser
Pemasar Fashion (Fashion Promotion Specialist)
Kordinator Fashion
Editor Fashion
Brand Manager 
Manager Penjualan Ritel  (Manajer Butik)
Pemilik Butik
Visual Display Artist

Fasilitas.

Workshop presentasi visual.
Area persiapan etalase
Ruang gambar dan ilustrasi yang luas.
Area etalase produk garmen.

Pokok Bahasan :

Studi sejarah fashion dan fashion kontemporer.
Penelitian berbagai gaya dan bahan.
Prediksi trend mendatang.
Pemilihan tekstur dan warna kain.
Analisa pasar fashion.
Evaluasi produk fashion.
Pengembangan strategi pemasaran dan distribusi.
Kegiatan iklan promosional dan hubungan masyarakat.
Perencanaan dan pembelian koleksi musiman.
Presentasi visual merchandise.
Penetapan anggaran dan manajemen keuangan.
Penetapan strategi pelayanan konsumen.
Manajemen, pelatihan dan motivasi personalia.

Koordinator Program

 

Richard Kaunang

Sebagai lulusan Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT), Australia dengan program studi khusus Fashion Business, setelah selesai mengenyam pendidikan di Lasalle International Design School, Singapore. Dia bergabung dengan berbagai industry di bidang retail fashion internasional, melayani berbagai perusahaan besar di Singapore dan klien terkemuka di Australia.

Setelah merilis label fashion sendiri pada tahun 2007, dia juga mengikuti bakat menulisnya sebagai kontributor di majalah fashion lokal, mengikuti tren fashion di berbagai negara dengan travelling. Talenta mengajar pun tak lama ditemukan dan sejak saat itu dia menikmati berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan murid-murid yang dipercayanya akan menjadi orang-orang terpenting di industri fashion.

Bergabunglah dengan komunitas