Sertifikat Manajer Retail

Di industri fesyen, ritel telah menjadi faktor terpenting dalam memenangkan pasar yang kompetitif saat ini. Department store, butik dan shopping malls berlomba-lomba mempromosikan produk fesyen lokal dan impor, dengan membuat visual merchandising yang atraktif dan customer services terbaik disamping memberikan pilihan produk yang menarik bagi konsumen.

Program sertifikat 1 tahun ini sangat cocok bagi anda yang memiliki tujuan dalam membangun karir menjadi manajer store, pemilik butik atau direktur ritel. Program ini juga memberikan anda kesempatan dalam menggabungkan kelas bisnis fesyen dengan melatih anda dalam bidang retail merchandising, teknik desain promosi, dan pemasaran.

Untuk informasi mengenai program sertifikat lainnya, silahkan meng-klik Sertifikat Buyer.

Untuk mengembangkan keahlian anda lebih lanjut, silahkan meng-klik Diploma Fashion Business or Sarjana Fashion Merchandising.

Daftar Mata Kuliah

Jabaran Tugas Kerja
Pengantar Perencanaan
Fenomena Fashion
Studi dan  Analisa  Serat dan Tekstil
Pemasaran I
Fashion dan Masyarakat
Evaluasi Tekstil untuk Produk Fashion
Analisa Faktor Penentu Pasar Fashion
Presentasi Fashion
Seleksi Pakaian dan Asesoris
Perencanaan Anggaran
Undang-Undang, Peraturan dan Kodifikasi
Lingkungan dan Konsumerisme
Presentasi Visual
Periklanan
Manajemen Sumber Daya Manusia
Tata Letak dan Perencanaan Ruang

Peluang Karir

Setelah menyelesaikan program ini, lulusan akan dapat bekerja sebagai   :

Fashion Merchandiser
Pemasar Fashion (Fashion Promotion Specialist)
Kordinator Fashion
Editor Fashion
Brand Manager 
Manager Penjualan Ritel  (Manajer Butik)
Pemilik Butik
Visual Display Artist

Fasilitas.

Workshop presentasi visual.
Area persiapan etalase
Ruang gambar dan ilustrasi yang luas.
Area etalase produk garmen.

Pokok Bahasan :

Studi sejarah fashion dan fashion kontemporer.
Penelitian berbagai gaya dan bahan.
Prediksi trend mendatang.
Pemilihan tekstur dan warna kain.
Analisa pasar fashion.
Evaluasi produk fashion.
Pengembangan strategi pemasaran dan distribusi.
Kegiatan iklan promosional dan hubungan masyarakat.
Perencanaan dan pembelian koleksi musiman.
Presentasi visual merchandise.
Penetapan anggaran dan manajemen keuangan.
Penetapan strategi pelayanan konsumen.
Manajemen, pelatihan dan motivasi personalia.

Koordinator Program

 

Richard Kaunang

Sebagai lulusan Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT), Australia dengan program studi khusus Fashion Business, setelah selesai mengenyam pendidikan di Lasalle International Design School, Singapore. Dia bergabung dengan berbagai industry di bidang retail fashion internasional, melayani berbagai perusahaan besar di Singapore dan klien terkemuka di Australia.

Setelah merilis label fashion sendiri pada tahun 2007, dia juga mengikuti bakat menulisnya sebagai kontributor di majalah fashion lokal, mengikuti tren fashion di berbagai negara dengan travelling. Talenta mengajar pun tak lama ditemukan dan sejak saat itu dia menikmati berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan murid-murid yang dipercayanya akan menjadi orang-orang terpenting di industri fashion.

Bergabunglah dengan komunitas